Pertama kali Kendal Mengajar akan agendakan Kelas Inspirasi Kota Kendal

Pertama kali Kendal Mengajar akan agendakan Kelas Inspirasi Kota Kendal

408
0
BERBAGI
open recruitmen relawan kelas inspirasi kendal (red-lk/km)

Kendal – Kendal mengajar merupakan sebuah komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat. Berdiri tanggal 15 januari 2017 yang lalu, kini Kendal mengajar berani mengagendakan program Kelas Inspirasi. Kelas inspirasi adalah suatu gerakan sosial yang mewadahi para profesional untuk ikut serta berkontribusi dalam misi perbaikan pendidikan yang ada di Indonesia.  Melalui Agenda ini, para professional pada bidangnya akan  turun langsung ke sekolah dasar  atau menjadi relawan pengajar sehari untuk menceritakan pengalaman kerja mereka, memotivasi dan menginspirasi anak-anak negeri agar mereka mempunyai pilihan cita- cita yang tinggi dan bisa berbakti untuk bangsa dan negara.

Kelas Inspirasi ini merupakan salah satu bentuk gerakan dari Indonesia Mengajar yang dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya kelas Inspirasi Kendal ini, dengan mengusung sebuah tema “Berbagi Sejuta Mimpi Menginspirasi Anak Negeri” harapannya para profesional bisa berbagi cerita dan pengalamnya untuk memotivasi dan menginspirasi cita-cita anak negeri.  Dengan hadirnya para professional di KI Kendal yang pertama ini diharapkan bisa memberikan gambaran berbagai profesi kepada anak-anak dan menumbuhkan rasa keinginan yang kuat untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Kegiatan kelas inspirasi atau biasa disebut Hari Inspirasi (HI) akan dilaksanakan pada Sabtu (21/10/2017) di empat Sekolah Dasar / SD yang telah ditentukan antara lain yaitu (1) SD N 2 Banyutowo, (2) SD N 1 Tambakrejo, (3) SD N 3 Kebondalem, dan (4) SD N 1 Pekauman. Panitia menentukan empat Sekolah Dasar (SD) tersebut dengan mempertimbangkan beberapa kriteria yaitu SD diprioritaskan berlokasi di kota Kendal, mempunyai ruangan yang berkapasitas 100 orang atau ruangan yang mempunyai dinding yang bisa dibuka tutup, dan  pihak sekolah bersedia mengikuti Kelas Inspirasi. HI akan berlangsung hanya satu hari, namun sebelum HI berlangsung para Inspirator akan diberi pengarahan briefing tujuannya agar inspirator memahami nilai-nilai kelas Inspirasi, mampu mengajar dan menguasai teknik pengelolaan kelas. Kegiatan yang terakhir yaitu refleksi debriefing untuk warga sekolah dan relawan dengan harapan semua pihak dapat berbagi cerita dan pengalaman agar dapat mengambil nilai edukasi dan pelajaran dari interaksi tersebut. Kegiatan ini dibantu oleh pengurus Kendal mengajar yang berjumlah 30 orang serta volunteer pengajaran berjumlah 54 orang. Kendal mengajar siap laksanakan Kelas Inspirasi di kota Kendal.

Menurut Ulil salah seorang panitia Kelas Inspirasi Kendal, mengatakan bahwa rata-rata tingkat pendidikan di Kendal masih rendah. Alasan lain yaitu kebanyakan lulusan sekolah di Kendal bertujuan hanya untuk memperoleh pekerjaan, walaupun hanya menjadi buruh. Jarang dari mereka mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan bermimpi untuk menjadi orang yang profesional.  Untuk mewujudkan itu semua kelas Inspirasi Kendal membutuhkan relawan pengajar dan relawan dokumentator yang akan dibuka rekrutmen pada jumat (25/8/2017). Pelaksanaan pemilihan relawan mengajar dan dokumentator yang sesuai kriteria dapat membantu kelancaran dan kesusksesan acara kelas Inspirasi Kendal yang dilakukan pertama kali ini. Tidak hanya untuk pelajar agar terispirasi dan termotivasi dengan adanya kelas inspirasi ini, namun relawan, panitia dan warga sekolah pun bisa terinspirasi dan bisa bersama-sama berkontribusi untuk kemajuan pendidikan yang ada di Kendal. (red-lk20/lis)

Facebook Comments

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY