Festival Ngangklang Gus Alam Cup III Semarakkan Ramadhan di Kaliwungu

Festival Ngangklang Gus Alam Cup III Semarakkan Ramadhan di Kaliwungu

606
0
BERBAGI

Kendal  – Selasa malam (20/6) warga kaliwungu Kendal mendapatkan hiburan gratis dengan adanya Festival Ngangklang yang diadakan oleh Gus Alam. Gus Alam merupakan anggota DPR RI dan seorang anak dari Abah Dim seorang Kyai kondang asal Kaliwungu. 

Festival ini merupakan suatu perlombaan tahunan dengan memainkan alat musik tradisional sebagai cara unik membangunkan warga untuk bersahur. Ini adalah kali ketiga Gus Alam Cup mengadakan festival Ngangklang di Pendopo Kaliwungu dan diikuti olaeh 80 peserta dari berbagai desa di kaliwungu dan Kendal sekitarnya dengan memperebutkan total hadiah sebesar 10 juta rupiah. 

Menurut Mujahidin, salah satu panitia Festival Gus Alam Cup mengatakan acara yang dimulai pada pukul 21.00 wib dihadiri oleh Camat Kaliwungu,  Lurah  dan jajarannya. Acara ini menyongsong tema “Nguri-uri Budaya dan Menggali Kearifan Lokal” memang selalu ditunggu masyarakan karena keuniakan yang ditampilkan setiap pesertanya. 

Penentuan juara dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori pro dan pemula. Kelompok Kresendo menjadi juara umum kategori profesional dan telah menjadi juara selama tiga kali berturut-turut, maka tahun depan kelompok musik Kresendo tidak diperbolehkan mengikuti lomba lagi melainkan menjadi grup tamu kehormatan.  Disusul juara II Profesional yaitu  John Blangkon Sworo,  dan Demangan All Star sebagai Juara III. 

Sedangkan pemenang kategori pemula, yaitu juara 1 di menangkan oleh Kasela Van Java Kp.Citran Protomulyo Kaliwungu. Juara 2 di menangkan oleh Raga Percusion Kp.Gadungan Kutoharjo, Kaliwungu. Juara 3 kelompok Basics Kp. Plantaran, Plantaran,  Kaliwungu selatan. Juara harapan 1 dari Rispal’s Kp. Pandean, Krajan kulon, Kaliwungu dan harapan 2 oleh Cobra Kp. Tampingan Sukomulyo, Kaliwungu selatan. 

Tanggapan salah seorang warga dengan adanya festival ini “acaranya sangat bagus sekali dan masyarakat sangat antusias mengikuti acara tersebut. Harapannya semonga acara ini bisa menambah tali persaudaraan khususnya masyarakat kaliwungu dan warga Kendal sekitarnya. Serta menjadi ajang menambah kekreatifan masyarakat”, jelas warga tersebut.  (red-Lk20/lis) 

Facebook Comments

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY