Lomba Kreasi Audiovisual 2016, Inilah Tahapan yang harus dilalui Peserta

Lomba Kreasi Audiovisual 2016, Inilah Tahapan yang harus dilalui Peserta

1336
0
BERBAGI
Foto Kantor Kemendikbud RI yang tahun ini menggelar Lomba Kreasi Audiovisual. (red-lk)

INFO – Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah yang akan digelar tahun 2016 ini, mengundang para pelajar yang dapat memiliki kepekaan terhadap sejarah dan mendokumentasikannya melalui media audiovisual. Lomba tersebut menjadi salah satu upaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menanamkan karakter bangsa Indonesia melalui pendidikan sejarah.

Dengan tema “Sejarah Merajut Ke-Bhinnekaan”, lomba tersebut dapat menjadi peluang untuk pelajar dalam meningkatkan bakat dan kemampuannya. Peserta yang mengikuti kegiatan diharapkan aktif dalam mencari sumber sejarah yang terdapat di sekitar lingkungannya, baik itu berupa peristiwa sejarah lokal, tempat-tempat bersejarah, bangunan bersejarah, tokoh daerah/pelaku dan saksi sejarah/veteran pejuang kemerdekaan. Bagi yang berminat, dibawah ini merupakan tahapan yang harus dilalui untuk menjadi pemenang lomba :

  1. Pengumpulan Sinopsis, merupakan tahapan bagi peserta mengirimkan naskah sinopsis ide cerita yang berisi judul dan alur cerita (hard copy dan soft copy) via pos dan email paling lambat diterima panitia pada 17 Juni 2016.
  2. Seleksi sinopsis ide cerita, merupakan tahapan naskah yang diterima oleh panitia akan diseleksi oleh tim juri untuk memutuskan 20 tim yang berhak mengikuti workshop perekaman. Pengumuman peserta lolos seleksi dapat dilihat di http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditsejarah pada 20 Juni 2016.
  3. Workshop perekaman, merupakan tahapan bagi tim yang dinyatakan lolos seleksi akan diundang mengikuti workshop perekaman dokumenter di Bogor, Jawa Barat. Materi workshop terdiri dari pengantar sejarah dan budaya pengantar pembuatan dokumenter audiovisual penyusunan sinopsis, teknik perekaman, dan editing pada 28-30 Juli 2016.
  4. Perekaman di daerah, yaitu tahapan bagi 20 tim yang telah mengikuti workshop melakukan perekaman di daerah secara mandiri sesuai sinopsis yang diajukan. Terjadwal mulai Agustus hingga September 2016.
  5. Seleksi Finalis, merupakan tahapan bagi tim yang telah melakukan perekaman wajib mengirimkan dvd karyanya ke panitia paling akhir pada September 2016, dewan juri akan menilai dan memilih lima tim sebagai finalis.
  6. Finalisasi, merupakan tahapan terakhir yaitu finalis terpilih akan diundang ke Bandung untuk melakukan presentasi di depan juri dan penerimaan hadiah pada Oktober 2016.

Adapun kriteria penilaian lomba, meliputi Substansi Sejarah dan Budaya, Kesesuaian Alur Cerita (Skenario), Ide dan Kreativitas, Teknik Audiovisual, dan Teknik Penyampaian Cerita. Peserta mendapat kesempatan memenangkan total hadiah senilai 100 juta rupiah.

Keterangan lebih lanjut, dapat langsung datang ke Alamat Panitia Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) 2016, Subdit Program, Evaluasi, dan Dokumentasi Direktorat Sejarah di Gedung. E. Lt. 9 Kompleks Kemdikbud, Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat 10270. Atau menghubungi Naimah (082312314041) atau Ami (081321602430). (Red-LK20/ms)

Facebook Comments

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY